Beranda HEADLINE “Melanggar Ketentuan KPU”, APK Caleg DPR-RI Ditegur Bawaslu Bengkulu Utara

“Melanggar Ketentuan KPU”, APK Caleg DPR-RI Ditegur Bawaslu Bengkulu Utara

159
BERBAGI

KABARDAERAH.BENGKULU UTARA –  Bawaslu Kabupaten Bengkulu Utara, menemukan pelanggaran pemasangan alat peraga kampanye (APK) yang terbentang di papan reklame dekat Masjid Agung Baitul Rahman, Kelurahan Gunung Alam, Kecamatan Arga Makmur. Diduga pemasangan reklame tersebut tidak sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) No 4 Tahun 2017.

Reklame yang bertuliskan “DIRGAHAYU INDONESIAKU, SAMA-SAMA BANGUN INDONESIA , SAMA-SAMA BAHAGIA” terpasang sudah hampir satu bulan. Pihak Bawaslu Bengkulu Utara telah memberikan sanksi atau teguran terhadap Caleg DPRI berlogokan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dengan foto Dickson Aritonang.

Komisioner Divisi Penindakan Pelanggaran, Bawaslu Bengkulu Utara, Tugiran, kepada Media, Senin (3/9) membenarkan hal tersebut.  Sedangkan tindakan pelepasan alat peraga kampanye (APK) lanjut Tugiran, Bawaslu Bengkulu Utara belum diberi wewenang

“Bawaslu diberikan kewenangan mecopot . Sementara ini kita berikan teguran saja,” kata Tugiran

Seperti diberitakan berberapa media sebelumnya, Bawaslu Bengkulu Utara telah mengeluarkan himbauan 3 Mei lalu yang bunyinya, , bagi setiap orang dengan sengaja melakukan kampanye Pemilu diluar jadwal yang telah ditetapkan oleh KPU, KPU Provinsi, dan KPU Kabupaten/Kota untuk setiap peserta pemilu maksimal dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) Tahun dan denda paling banyak Rp 12.000.000 (dua belas juta rupiah) sebagaimana diatur dalam Pasal 492 Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. (Red/jonbew)

 

loading...